Sunday, August 13, 2006

Factory Outlet in Paris, belanja barang ber-merk setengah harga

Paris, adalah kota tujuan wisata no. 1 di dunia, tiap orang yang ke Eropa rasanya pengen mampir ke Paris, kalau ngga rasanya belum ke Eropa. Selain tempat tujuan wisata, Paris juga merupakan tempat untuk shopping, karena memang Paris juga menjadi saah satu pusat mode di Dunia. Jadi ngga heran kalau banyak Butik-butik di Paris. Buat orang yang berduit, harga berapapun pasti di beli, coba aja sepanjang jalan Champs Elysee, baik di kanan dan di kiri penuh toko barang dengan merek terkenal, kayak Luis Vitton, Mont Blanc, Hugo Boss, Cartier, dan banyak lagi.

Kalau mengikuti hawa nafsu, barang-barang bagus itu pengennya sich di beli, tapi gitu ngeliat harganya wowww, yaa tapi kalau uang bukan masalah silahkan berbelanja disini, Orang dari Indonesia memang terkenal royal untuk berbelanja, sampai di salah satu gallery terbesar di Paris untuk Shopping mereke hire orang Indonesia, karena saking banyaknya orang Indonesia yang berbelanja di Galery Lafayette.

Orang di Paris kalau belanja ada waktu-waktunya, kebanyakan dari mereka menunggu sale atau soldes, ini biasanya dua kali dalam setahun, yaitu musim panas dan musim dingin. Soldes musim panas baru aja selesai minggu lalu. Memang kalau kebetulan lagi Soldes barang-barang bagus di jual dengan discount yang menarik, soldes disini di bagi 3 session, session awal discount mulai 20%, session kedua biasanya 2 minggu sesudahnya discount mulai 30%-40% nah di session terakhir 50%-70%, tapi pada session ke dua biasanya barang yang bagus sudah habis duluan, jadi harus cepet.

Selain menunggu soldes untuk mendapatkan barang bagus dan murah ada cara lain, yaitu dengan berbelanja di Factory Outlet. Factory outlet disini beda dengan yang ada di Jakarta atau Bandung. FO disini hanya menjual barang-barang ber-merek dan bukan barang bekas import, tapi barang yang memang tidak laku pada tahun sebelumnya atau musim sebelumnya, jadi kwalitasnya sama persis dengan yang jual hanya agak sedikit out of date.

Ada dua tempat FO yang bisa saya rekomendasikan untuk berbelanja di Paris, yang pertama adalah La Valle Vilage di daerah Val d'europe, Ini sudah di luar Paris, tapi bukan berarti tidak mudah di jangkau, Ini dapat dengan mudah di jangkau dengan menggunakan kereta Api, dari Paris bisa naik RER A dengan jurusan Parc Disneyland atau Disneyland Park, dan berhenti di statiun Val D'Europe atau satu stasiun sebelum Disneyland. Factory outlet ini buka setiap hari dari jam 10.00 pagi sampai jam 20.00 Malam. Kalau anda kesini ada sedikit trick untuk mengetahui factory outlet ini, begitu keluar dari stasiun Val D'europe anda langsung masuk ke dalam Centre commerciel atau Mall, ini seperti kebanyakan Mall di Jakarta, tapi FO bukan di sini, jadi anda bisa jalan terus di dalam mall sampai bagian paling ujung, kemudian nanti akan ketemu dengan food court dan, seteleah ketemu food court anda terus saja dan barulah memasuki kawasan FO. konsep toko disini cukup menarik karena setiap brand memiliki toko sendiri bergaya rumah modern.

Factory Outlet yang satu masih berada di dalam Paris namanya Marques Aveneu, Untuk mencari tempat ini ngga terlalu sulit, tapi kalau anda baru pertama kali ke Paris jangan lupa untuk membawa peta Paris dan juga peta bus dan Metro, Jadi dari Paris anda harus naik Metro No. 13 jurusan Saint Denis, dan berhenti di stasiun Marie de Saint Queen. Terus dari sini anda coba cari restoran Quick, dan terus menyebrang dari restoran Quick. Anda bisa Naik Bus No. 166 atau No. 137 Jurusan Colombes, dan anda harus turun di bus stop Marcel Paul, atau halte bus ke empat dari tempat halte bus anda. Dari sini nanti ada keliatan Plang Marques Aveneu, jalan kaki kurang lebih 900 meter. Atau anda bisa juga ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, silahkan liat Peta ini.

Yang harus di perhatikan dalam berbelanja di FO tidak semua FO di Marques Aveneu ini Bebas Pajak, anda masih kena pajak 19%, tapi ada beberapa toko yang memang tax free, walaupun barang tersebut masih kena pajak, tetapi masih lebih murah 30-50% dari harga di toko di Paris. Kalau Barang yang ada di La Valle Vilage hampir semuanya bebas pajak, dan juga lebih murah 50% dari harga di Paris. Jadi silahkan mencari barang bermerek dengan harga miring.

No comments:

Post a Comment