Sunday, August 06, 2006

Perang Harga VoIP, cari kwalitas atau harga.

Tinggal jauh dengan keluarga memang ngga gampang, kita harus sering keep in touch dan telepon adalah salah satu cara melepaskan rindu dengan keluarga, untungnya sekarang international call ngga terlalu mahal karena banyak layanan VoIP ( Voice over Internet Protocol), jadi cenderung relatif lebih murah bahkan ada beberapa negara yang kalau kita call itu free alias ngga bayar apapun walaupun international call. Sayang nya ngga ke Indonesia atau Jakarta.

Selama ini saya selalu menggunakan skype-out paling ngga sudah sejak 3 tahun lalu waktu di Malaysia, dengan menggunakan layanan ini kita bisa telpon via internet dari PC yang terhubung ke internet ke PSTN (Public Switching Telecom network) atau ke GSM (Global Sytem for Mobile) dengan harga yang relatif murah tentunya di banding dengan International Call dari Telephone Fixed atau GSM. Tapi dengan Skype kalau kita call ke PC ini gratis, dan layanan spt ini banyak sekali yang bisa call PC-PC gratis, selain Skype kita bisa pakai Yahoo messager, Gtalk ( google), VoipStunt, atu bahkan fixed phone di rumah yang dari provider internet disini saya bisa telpon free ke beberapa negara spt Cina, US, Australia dan Singapaore tapi Indonesia ngga lah yaa.

Selama ini saya cukup puas lah dengan layanan yang saya pakai di atas, tapi beberapa minggu lalu seorang teman bilang kalau ada layanan yang kwalitasnya lebih bagus dari skype-out dan lebih murah, well saya bilang OK nanti aku coba, Nama softwarenya VoipSTUNT, cara installnya mudah tinggal clikc next, smapai selesai, kemudian create account dst.
Saya coba iseng telpon ke Kantor di Malaysia dan ngobrol dengan temen disana well hasilnya ngga jelek, cukup bagus kwalitasnya spt kayak kita telpon fixed to fixed, Sepertinya Encoding cukup bagus.

well karena ngga bisa coba untuk telpon ke Indonesia, saya belum bisa membuktikan lagi punya credit saya di Skype masih ada bberapa euro jadi masih bisa telpon untuk beberapa hari. Tapi pagi ini saya lagi asik telpon ke istri tercinta, eh telepon disconnect wah ternyata pulsa habis. Aku fikir ini kesempatan untuk coba VoipStunt, karena sudah biasa dengan layanan seperti ini ya mudah saja buat saya untuk bisa beli credit di VoIPStunt cukup dengan menggunakan internet bayar 10Euro, dan melanjutakan obrolan yang sempat terputus.

selama telpon saya coba perhatikan kwalitas nya so far OK, walaupun tidak terlalu jauh berbeda dengan Skype-out. Tapi saya sedikit terkejut koq price per menit 0,070 Euro / menit, cuma karena masih dalam conversation yang serius saya ngga perhatiin cuman saya check aja berapa pula saya berkurang. Setelah ngobrol selama 13 menit 12 detik saya di charge sekitar 0,84 cent Euro. Wah ini terlalu mahal, spt anda lihat capture call list yang saya pernah lakukan di bawah,











Setelah saya selidiki ternyata kenapa VoIP stunt lebih mahal, karena dia menerapkan satu Zone Tarif untuk Indonesia -land phone (PSTN) sebesar 0,070 including VAT. Sedangkan Skype-out menerapkan tarif yang bebeda ada Jakarta (PSTN) tarif sebesar 0,036 including VAT dan 0,070 including untuk Call ke seluruh PSTN di Indonesia.


OK akhirnya memang teliti sebelum membeli sangat penting, kadang referensi dari kawan ngga bisa di bilang OK begitu saja, karena kebutuhan sangat berbeda, Tapi saya sudah mencoba dan buat saya kwalitas keduanya boleh di bilang sama, Saat ini skype-out masih lebih murah untuk saya, tapi yaa OK ngga pakai skype dulu sampai credit di Voipstunt habis, mungkin ada yang bisa kasih info lain kalau ada VoIP yang lebih murah dari Skype.


No comments:

Post a Comment