Thursday, February 16, 2006

Barcelona Day H+3

The world is reqlly flat in Telco, Sekarang aku masih ada di Barcelona, Spain. Ikut 3GSMW congress, kebetulan ada beberapa project aku yang ikut terpilih di event ini jadi aku ikutan untuk setup dan demo beberapa platfrom. Pekerjaan yang cukup melelahkan, karena starting dan process pemilihan candidate demo baru di mulai sebelum Natal tahun 2005.

kembali ke 3GSMW 2006, kenapa saya bilang flat. karena dari sekian banyak vendor besar yang bermain di telekomunikasi, spt Alcatel, Ericcson, Hwa Wei, Motorolla, Nokia, Nortel, Siemens, Samsung,ZTE etc. menampilakan product yang sama. dalam dalam dua minggu pengamatan saya dari mulai kita setup both equipment sampai hari terakhir besok. semua punya product yang hampir sama, spt HSDPA (high speed Downlink packet Access), HSUPA(high speed uplink packet access), Mobile TV, IP TV, DBV-H, Wimax 16e, UMA (Unlicence Mobile Access), Convergence Billing, IMS (IP Multimedia Subsytem), dan banyak lagi mulai dari content, games, sampai applikasi untuk USSD Callback, Video caller ID, Sim card application dan new mobile phones dari beberapa vendor besar dan kecil.

Banyak hal menarik untuk di amati dan di pelajari dari peserta pameran kali ini, karena sesama vendor saling lihat what they have and what others have, dari mulai nice Flash presentation sampai ke yang live demo. untuk HSDPA hampir semua vendor melakukan demo live dengan pake HP samsung yang terbaru sebagai modem / atau Novatel PCMCIA Card dan bisa Streaming content up to 3.6 di atasa paper, tapi kebanyakan baru samapai tahap 1.2 to 2Mb.

juga di IMS, semua punya solusi yang hampir sama, tapi hanya beberapa saja yang melakukan live demo selebihnya nice in paper.

yang juga menarik adalah UMA, dimana Alcatel melalukan live demo untuk UMA, Idea UMA sebagai unlicence mobile, kita bisa switch secara otomatis dari GPRS ke Wifi atau sebaliknya tanpa harus disconected dari apa yang kita lakukan saat itu. saat ini hanya beberapa vendor telepon saja yang merelease mobile mereka dengan WIFI UMA enabler.

yang juga seru adalah transform network to IP, dari pengamatan cuma Alcatel yang demo ini dan demo ini live demo, ini menarik sekali kenapa, karena selama ini koneksi dari BTS atau Node B ke BSC dan RNC selama ini menggukan E1 atau STM 1, ini sangat costly karena biasanya harga rental si ATM link ini cukup mahal dan pada akhirnya OPEX dari operator cukup tinggi, tapi dengan solusi backhauling ini akan menekan cost dan pada akhirnya mungkin saja operator bisa menurunkan harga tarif dengan menggunakan teknologi ini. konsepnya adalah merubah E1 connection ke IP terus di encapsulate / psedouwire lewat DSL / HSDSL terus di terminate kembali ke E1, dan dalam process ini Clocking sangat penting untuk akurasinya traffic. Solusi ini cukup menarik sambil menunggu perkembangann IP di GSM jadi nantinya BTS/ Antena base on IP by end 2007 kalau ikutin 3GPP spec.

terus yang paling hot adalah WiMAX 16e, semua jadi hot topic di ajang ini, dari banyak peserta aku cuma melihat ada dua vendor yang paling siap untuk 16e yaitu Samsung dengan WiBRO ( Wireless Broadband) yang jalan di freqeuncy 2.3 MHz dan Alcatel WiMAX 16e dengan frequency 2.5 Mhz dan keduanya punya kemapuan download up to 3Mb, kelebihannya dari WiMAX rev 16e adalah adanya mobility, jadi end user bisa move atau bergerak tanpa harus takut diconnect dari access, ini ndak ubahnya kalau kita akses wifi, cuman bedanya wifi ada limitation dari coverage, WiMAX pun juga punya limitation mulai dari 14 KM sampai 50 KM .
kembali kapan Indonesia ready untuk ini...??? a good question


dari sekian banyak peserta pemain2 dari China very aggresive dalam menjual product mereka dan show how they are dengan punya stand yang cukup besar dan mewah serta product yang ngga kalah uptodate dengan harga murha, is amazing terus banyak juga applikasi2 yang menarik bahkan sampai content porno juga ada, cuma dari sekian banyak peserta ngga ada pemain dari Indonesia yang ikutan pameran dan yang jelas ada beberapa yang jualan buku teknik spt Wiley dan taylor francis, yang keduanya terkenal dengan journal2 yang OK udah gitu bukunya di discount 15-25% selama pamaeran, hmmm masak belanja buku lagi ....???

No comments:

Post a Comment