Friday, August 19, 2005

c'est secret code pour toujours

aku udah beberapa minggu yang lalu dapat ATM atau disini sebutnya carte a bleu apapun bank nya disbut card bleu mungkin karena warnanya biru, tapi tiap bank memang punya logo yang bebeda.
beberapa hari yang lalu aku ngambil uang di ATM, seperti biasa semuanya in french.. terus ambil 10€ dan OK, kalau kita liat di jakarta macam BCA, BII, BNI, Mandiri atau bank bank lainnya, menu di ATM kan banyak tuch bisa bayar ini, bayar itu, kalau disini menu nya yaa cuman bisa retrait atau ambil duit, atau cari mesin yang lain untuk bisa transfer etc.
yang menarik, kalau kita dapat kartu ATM biasanya selalu dapat pin code bisa 4 bisa 6 angka, dan di sarankan sama bank penerbit untuk menggantinya di ATM terdekat setalah kita dapat, kalau disini ada 4 digit sebagai pin code dan ini ngga bisa kita ganti sendiri lewat mesin ATM, event kita call customer services ( 0,34 € perminute, is not free to get servcies ) dia ngga akan ganti, solusinyaa paling ganti kartu kalau mau. jadi itu nomor pin dari dapat sampai 20 tahun tetap sama ngga perlu ganti2, kecuali kalau hilang.

kalau diliat dari security, emang bagus jadi tiap kartu ngga sama pin numbernya, soalnya kalau sama sekali ilang satu dan bisa di akses bisa ke akses semua tuch duit di rekening, tapi repotnya harus menghapal banyak pin, kebayang deh, untuk masuk pintu gerbang apartment harus make pin code, terus pake atm make pin code, di kantor akses internet make password, kalau kata carlos nanti Mouse di kanto di kasih pin code juga atau di password. sekarang kebayang kalau kita punya 5 rekening di bank minimal kita harus menghapal lima tadi di tambah bermacam device yang butuh pin code, di satu sisi bagus membuat otak kita selalu menghapal kan sesuatu yang penting, di sisi lain lumayan repot is up to you to decide,

c'est secret code pour toujours

No comments:

Post a Comment