Sunday, July 30, 2006

Bisakah podcast bisa menaikan traffic internet di Indonesia

Di Indonesia sptnya teknologi internet masih cenderung sebatas untuk download, browsing atau chatting. Dan lagi lagi yang di download masih selalu lari keluar negri, karena memang sangat sedikit sekali lokal kontent yang kita miiki, jadi kalau memang industri internet di indonesia kembali booming spt sebelum masa krisis tahun 1997 maka kontent local harus jadi pendorong penetrasi internet ( traffic download itu sendiri).

Saya lagi mikir, mungkin Podcast bisa jadi salah satu cara untuk meningkat kan penetrasi internet, kalau saja banyak orang indonesia yang podcasting ( setahu saya di itunes belum nemu content local indonesia), Kemudian pertanyaannya kenapa harus podcasting yang bisa mendorong local content, gini memang ngga banyak orang yang punya komputer tapi banyak sekali warnet dan sekarang keliatannya trend penggunaan Ipod / MP3 cenderung meningkat. Terutama di kalangan anak muda seluruh dunia ( kalau di paris sini ngga yang muda dan yang tua ber ipod ria di metro, bus atau di jalan, termasuk saya) pada awalnya sich cuman buat mendengarkan music atau lagu kesayangan tapi akhirnya koq mubazir cuman untuk dengerin music aja, yaa akhirnya saya banyak subcribe ke free podcast atau yang berbayar, tujuannya bisa keep update informasi atau teknologi selama perjalanan dari rumah ke kantor, jadi kalau malem tinggal connect Ipod ke PC dan update automatic, karena beberap podcast yang saya ikut langganan update setiap hari.

Kembali ke soal di atas, kenapa podcast bisa meningkatkan traffic internet di Indonesia dan meningkatkan local content, ya manusiawi saja kalau orang sudah addict dengan misalnya Lawak nya patrio atau hal yang sifatnya rohani sperti dengerin ceramahnya Aa Gym jadi masih sempet dengerin misalnya waktu makan siang atau jam istirahat di kantor, tetep keep update.

Kalau orang banyak melakukan ini saya yakin penetrasi internet di Indonesia akan semakin naik dan lagi lagi memang kebutuhan local content untuk podcast bisa membantu. Dalam podcast kita bisa ngomong apa aja, cerita apa aja tentang tergantung dengan topic dari podcasting itu sendiri, ambil contoh bebebapa blog di luar negri selain menuliskan text di blog nya juga di sajikan dalam bentuk audio, jadi ngga perlu berlama- didepan komputer, nah memang podcasting ngga selalu menghasilkan uang di awal tapi kalau anda sudah punya banyak penggemar, kayaknya suatu kebahagian tersendiri, hmm mungkin bisa saja dengan revenue sharing jadi ISP yang di untungkan dengan banyaknya traffic download memberikan sumbangan kepada podcaster local...


pasti banyak deh yang mau podcast kalau gitu, any way podcast itu ngga melulu harus dengan Apple atau dalam ipod / mp4 format, bisa juga koq dalam bentuk mp3, karen intunya cuma bikin rss file saja.

Dibawah ini beberpa link untuk podcasting, atau coba googling aja untuk bisa dapat banyak informasi tambahan, di tunggu deh podcaster-podcaster pioneer Indonesia.


http://en.wikipedia.org/wiki/Podcasting
http://www.apple.com/itunes/podcasts/
http://www.how-to-podcast-tutorial.com/
http://www.voxmedia.org/wiki/How_to_Podcast

No comments:

Post a Comment