Tuesday, January 16, 2007

Verifikasi Belanja Online via Internet di Perancis

Habis lunch terus buka email dan dapat email marketing dari website tempat aku suka belanja, DVD lagi murah nich wah jadi tertarik. Setelah memilih aku mebayar dengan online, tapi siang ini ada yang baru kayanya, system pembayaran online kan biasanya masukin nama, no kartu credit lengkap 16 angka, terus expired date, dan 3 angka di belakang card.

Tapi kali ini ada pilihan "Plus Secret" coba ah, apa sih bedanya.

1. Masukan Nama lengkap spt yang tertulis dalam kartu.
2. Diminta masukan 8 angka pertama ( ini bedanya ngga full 16 angka )
3. Diminta masukan tanggal expired.
4. Diminta masukan 3 digit verfikasi.
5. Mobile number.

Setelah menekan tombol process, handphone ku bunyi, tapi koq malah ada suara IVR orang perancis, ah aku tutup aja, eh pas liat di screen ada" process tidak dapat di lanjutkan karena anda tidak melakukan perintah selanjut nya", hmmm.
aku ulangi lagi teken tombol OK, terus mobile phone bunyi dan

1. ada suara dari IVR yang meminta aku memasukan nomor telepon, dan saat yang bersamaan screen di monitor berganti aku untuk memasukan nomor mobile phone di IVR di ikuti tanda #.
2. Kemudian Screen berganti, Verifikasi pertama berhasil, nomor telepon di database dan yang di entry ke IVR lewat mobile phone sama.
3. Screen berganti, meminta aku memasukan 8 Digit terakhir dari Kartu kredit, terus pencet 8 angka terakhir di mobile phone di tambah tanda #.
4. Terus layar screen berganti, di bilang process verifikasi online OK, transaksi anda di terima.
5. Berberapa menit kemudian dapat email kalau online translation di approved oleh VISA, dan invoice nya di kirim online.
6. Terus ada email masuk dari penjual online kalau ada order atas nama aku dan pembayaran OK.
7. Ada email lagi, lengkap dengan invoice dan nomor tracking dari La Poste dan barang pesanan akan sampai dalam 2 Hari.

Wah systemnya lumayan canggih nich, ngga conventional, walaupun intiya ngasih nomor kartu kredit, tapi processnya bagus juga, jadi ini bisa melindungi fraud, cukup menarik sekali,walaupun agak sedikit ribet dan harus menggunakan dua media, yaitu komputer dan telepon, tapi sebagai pembeli perasaan aman sangat terasa sekali.

oh ya service yag di pakai oleh toko online ini menggunaka jasa bank dari Caisse d'Epargne . Mungkin juga bank lain melakukan hal yang sama, tapi seriously ini very secure, karena End user di libatkan dalam process, secara aktif.

2 comments:

  1. Ember tuh. Blanja di Prancis pake kartu kredit kayaknya termasuk yg paling ribet deh, Om. Maksutku, untuk pemilik KK luar Prancis yg tanpa chip.

    Musti setor ID dulu n dicocokin mukanya juga namanya. Udah gitu gak semua toko trima KK luar Prancis. Piye piye... :D

    --Hany

    ReplyDelete
  2. ya bener, tapi jadi nya memang secure. udah tahu belum kalau KK atau Debit Card itu ngga bisa ganti PIN, jadi pin nya harus di hapal, kalau lupa harus ganti Card, ada temen yang lupa sampai 3 kali, akhirnya di cap "disable" dan ngga punya KK. jadi kemana-mana kudu make cheque.

    Sebelnya lagi kalau di Indo, jarang banget yang bisa terima KK dengan CHIP, jadi repot. pernah satu kali makan dengan temen2 semua KK ngga diterima, akhirnya tadinya mau ntraktir malah di traktir.

    ReplyDelete