Saturday, September 30, 2006

Puasa ke dua di paris

Sebenarnya pengen meng-update blog, karena banyak ide yang mau di tumpahkan, tapi sayang waktu banyak terpakai di kantor. Ini adalah Puasa Ramadan kedua di Paris, Tahun kemarin pun saya melakukan puasa di sini, Insya Allah tahun ini bisa genap seperti tahun kemarin. Oh ya Subuh disini makin siang sekitar jam 06.03 AM, dan magrib jam 7.38 PM . Cuaca juga lumayan nyaman sekitar 15 sampai 21 derajat, karena sekarang udah mulai musim semi.

Temen2 disini suka ngumpul bareng bikin acara buka puasa bersama dari satu tempat ke tempat lain, terutama yang pelajar disini, jadi tiap hari keliling, dan biasanya setiap sabtu sore ada acara buka puasa bersama di KBRI, terus di lanjutkan dengan taraweh, ini kegiatan rutin bertahun-tahun. Bagus juga sich jadi paling ngga bisa ketemu dengan warga negara Indonesia yang lain.

Kemarin sempat bikin Kolak ubi dan pisang, dan teryata kolaknya laku keras, habis!., cuman kangen aja sich dengan tempe goreng atau mendoan bikinan nyokap, biasanya kalau buka makan kurma, terus di lanjutkan dengan makan tempe goreng dengan cabe rawit plus minum teh manis hangat rasanya mantab, setelah itu baru kolak atau asinan. Wah bulana puasa kalau di jakarta jadi tambah gendut, maklumlah camilannya banyak banget. kalau disini yaa secukupnya atau seadanya aja, selain ngga ada waktu buat masak, juga harga nya kelewat mahal, kemarin beli pisang tanduk 3 biji aja habis 2 Euro, terus ubi 05.kg habis 1.5 euro, Blewah 1.5 Euro plus gula merah, santan kara, habis deh hampir 7 euro. kebayang kan kalau duit segitu di bikinin kolak, rasanya cukup buat 60 orang tuch. Tapi yaa mau gimana lagi, walaupun mahal kadang di lakonin juga.

Puasa disini bukan hal ringan karena anda kan tahu sendiri, walaupun banyak orang yang beragama Islam, yang beragama lain jumlahnya lebih besar, jadi memang tidak mudah, suasananya akan beda dengan suasana di Indonesia, pokoknya beda banget. Yang cukup berat disini yaa menahan godaan terutama mata, karena walaupun udah mulai dingin masih banyak di metro atau di bus yang berpakaian sangat sexy, atau bahkan yang asik peluk cium di depan umum, kalau di Indonesia mungkin sudah kena RUU APP, tapi itulah, kadang suka risih juga melihatnya cuman gimana lagi namanya juga kulture nya mereka, paling yang ada memalingkan mata atau pindah tempat duduk. Gitu juga dengan Iklan2 porno di kiosk2 penjual majalah, atau di halte bus, iklan pakain dalam wanita selalu berganti setiap minggu di halte bus dari berbagai merek terkenal, dan menggunakan model yang sexy, wah kasihan banget wanita ter-eksploitasi sekali.

ya, gitulah semoga ini bisa jadi pelajaran untuk memperkuat iman, karena memang godaannya luar biasa beratnya, semoga kita semua selalu dalam lindungannya dan puasa kita di terima di sisi Allah SWT.

3 comments:

  1. Hii,bang Adjie,kita belom kenal ya, but I've visited ur blog for couple times..Cerita tentang Ramadhan di negeri orang jadi inget pengalaman sendiri taun '99-2001 waktu msh ambil course di Swiss..yess, it was sad,Ramadhan with no family surrounded.yang paling sedih suasana Ramadhannya itu kan yg ga didapet kaya ngabuburit,macet banget menjelang buka or even sinetron2 Ramadhan di TV, hehe..

    Anyway, it was a precious experience n satu pembelajaran buat saya pribadi untuk selalu menghargai arti kebersamaan dgn keluarga..

    Slamet puasa yaa,semoga ibadah puasanya lancar n mendapat berkah Allah SWT

    -didi- (http://www.didi-anywhere.blogspot.com )

    ReplyDelete
  2. thanks udah mampir, dan salam kenal

    ReplyDelete
  3. Mas Adjie, saya tertarik sama cerita puasanya. Boleh ya saya kutip dikit untuk tulisan saya, misal: sulitnya menjaga mata di paris, dll. Ini sisi menarik.O,ya saya di Jerman

    ReplyDelete