Friday, June 24, 2005

Shalat Jumat,

Nanti sore aku ada janji sama property agent untuk visit apartmen jam 5h00 PM. pagi tadi ada small meeting mengenai project, dan ngga kerasa udah jam 11 siang. aku browsing-2 untuk cari masjid terdekat dari Velizy

http://www.iwebu.com/french/_directory/_mosquee/mosquee.html

site tsb sangat membantu mancari informasi mengenai hal-hal untuk muslim di paris.

Dari informasi site tadi aku menemukan masjid yang paling dekat dengan kantor yaitu di
Mosquée Badr 1716 rue du Vieux Port (Pont de Sèvres) 92100 Boulogne, ini adalah tempat aku naik bus dan ini adalah titik point metro Jalur 9 Menuju Paris. Well no choice I have to go.

aku cari di http://maporama.fr ada petanya kesana dan jaraknya kurang lebih 9.8KM dari bus stop, sedangkan dari kantor aku ke bus stop kira-2 800 meter. di gambar terlihat jalur hijau sesuai dengan jarak dari bus stop.



dari webnya RER (www.ratp.fr) aku bisa lihat jam berapa bus berangkat dan estimasi sampai disana. jam 1h15 aku keluar kantor dan naik bus 179, spt yang aku bilang sebelumnya kudu jalan, wah disini banyak jalan nich

perjalan ambil masa kira-2 16 menit. akhirnya sampai di Pont de sevres. dari situ aku harus jalan kaki mencari masjidnya ada dimana karena ini hari pertama aku shalat Jumat di paris, just following the map dalam perjalanan aku liat banyak orang africa dan arab jalan
berombongan... ah ini pasti mau ke masjid, and benar mereka adalah moslem perancis. perjalanan ke masjid dari terminal kira-2 1.5KM

Masjid disini ngga kayak masjid di Jakarta atau di Kuala lumpur, masjid ini bekas gudang tapi memang sudah di fungsikan sebagai masjid, luasnya kurang lebih 10x8 M persegi, cukup besar sich dan dialasi karpet serta ada banyak lampu penerangan yang diartikan masjid ini
juga ada aktifitas di waktu malam, yaa karena Isya pada bulan ini jatuh jam sekitar 12 Malam waktu Paris dan Shubuh sekitar jam 2.30 pagi.

sampai di masjid sudah adzan, aku ambil wudhu dan shalat 2 rakat seperti biasa, ngga tahu kenapa air mata menetes saat aku membaca fatihah mungkin karena betapa jauhnya perjalanan untuk shalat jumat, ngga spt di Jakarta ada banyak masjid dimana-mana disini harus bener-2 berjalan sampai keringat ber-cucuran, ya Allah lindungi dan berkahilah hambamu ini, semoga Engkau mengampuni segala dosa-dosa ku.

Khatib, naik mimbar dengan bahasa arab, yah paling ngga ngerti lah sedikit dan doanya sama, kemudian shalat jumat 2 rakaat, mayoritas jemaah adalah berwajah arab,algier,marocco dan africa, ada beberpa tampang francois le blanc cuman ngga lebih dari 5 dan aku yang tampangnya jawa.

selesai shalat aku balik lagi ke kantor dengan jalur yang sama, untungnya kali ini bus 291 udah ada jadi perjalanan agak sedikit lebih cepat jadi untuk shalat aja aku habiskan waktu 2.5 jam PP dan perjalanan sekitar 20 KM Pergi Pulang.Ini adalah pelajaran berharga buat aku, semoga
Allah selalu melindungi keimanan dan selalu memberi ketakwaan...amien yaa rabbal alamin.

I have choose this as part of my life and I have to do it..... not for Allah SWT but for me.

No comments:

Post a Comment