Friday, May 04, 2007

Culture schock, konfrontasi

Ini sebenarnya postingan lanjutan dari postingan sebelumnya, siang tadi aku sempet ngobrol dengan beberapa temen sambil ngopi, karena emang asyik kalau discuss di depan kopi machine. Ya obrolan seputar kepulanganku juga sich, mereka tanya2 aku udah dapat pekerjaan apa di tempat baru etc, etc.

Aku bilang yaa masih on discussion lah, karena ada beberapa tawaran jadi aku harus contemplating dulu all the benefit.

tapi ada hal yang menarik yang memang tidak aku ceritakan sama mereka, karena ternyata tawaran yang ada kebanyakan untuk teknologi yang 4 tahun yang lalu deh, dan ada satu tawaran untuk handle business dari teknologi 15 tahun yang lalu. Ya, itu realita di Indonesia, ternyata ilmu dan teknologi yang kita dapat di luar negri ngga bisa langsung di terapkan. Salah seorang teman di jerman bilang, wah Indonesia belum perlu teknologi canggih, yang penting murah dan mudah, kalau perlu pake kentongan instead of SMS.

Jadi bingung mau pulang atau ngga ? kalau ngga pulang yaa disini juga bosen, terlalu datar, hidup kurang tantangan, kalau ngomong kerjaan sich yaa ndak ada habis nya, lha wong orang disini pada ngga suka kerja, alhasil kita lah jadi tenaga kerjanya.

Terus, sore tadi salah seorang temen malah ngomporin, kenapa kamu harus pulang, memang ada apa disana, nothing !, aku bilang yaa aku ada keluarga :-p, kerjaan well, kinda old technology that's I agreed. terus dia bilang, techno savy macam kamu better stay here, you allways two step a head, katanya lagi. Lah emang sich, tapi kalau ngga pulang kapan maju nya bangsaku, pengennya sich nyumbang sedikit ilmu, biar kita bisa sejajar, tapi memang disini tantangannya, karena ilmu yang ada ngga bisa di terapkan secara langsung, kudu banyak customisasi. Dan temen tadi ngga puas dengan jawabanku, dia masih konfrontasi dan insist untuk membuat aku stay, dan sampai akhirnya dia bilang, well, if you don't find a job in the company, what do you do ?, aku bilang yaa find another company !!, dia bilang lagi, if you still can't find job what you are looking for, what do you do ?, aku jawab simple, well If I couldn't find a job then I will create a new job for me. Tuh bule langsung melongo dan geleng2 kepala, dia bilang you are damn crazy, karena nyerah dia cuman bilang gini, think about it, if you didn't find just back to France, your place is save here.

Halah maksa, terus aku bilang, I am sure I will find a job there, hope with European standard salary and living there, what do you think, tuh bule geblek bilang, allright, I will follow you, find two place one for you and one for me.

Nah tahu kan jawabannya, disini itu semuanya high price, sampe bule aja pengen ke Indo, doing what, is doesn't matter as long as jadi expat ha ha ha ha .

No comments:

Post a Comment