Wednesday, May 02, 2007

culture shock, Bagaimana mengatasinya

culture shock, pasti banyak di alami oleh orang yang tidak tinggal di negara nya sendiri, biasanya begitu keluar dari negara sendiri orang tersebut akan mengalami culture shock, dan ini merupakan bagaian dari process penyesuaian. Setelah sekian lama orang tersebut tinggal dan harus kembali ke negara asalnya, biasanya orang tersebut akan mengalami double culture shock, kenapa ?

ada banyak hal yang membuat itu bisa terjadi, biasanya kalau orang pergi ke negara maju dan kembali ke negara berkembang pasti akan ada kesenjangan teknologi, pola fikir, atau the way of life. Kalau orang tersebut pelajar atau mahasiswa, terkadang ilmu yang di dapat di negara maju kelewat tinggi dan ngga bisa langsung di applikasikan. Gitu juga dengan orang yang bekerja, pasti ada banyak hal yang sangat berbeda 180 derajat dengan dunia kerja selama dia berada di Luar negeri.

Lalu bagaimana mengatasi persoalan tadi ?

Saya sendiri juga sedang mencari jawabannya, karena suka atau tidak suka saya akan mengalami culture shock juga, Saya tidak takut akan hal ini, saya hanya ingin cobe mereduce volume dari culture shock ini supaya ndak terlalu banyak berdampak dalam kehidupan.

any suggestion ?

No comments:

Post a Comment