Friday, May 18, 2007

Joost, saya sedang mencoba.

Ngga tahu siapa yang mengundang , tadi malam waktu buka email ada invitation dari JOOST. Wah, nasib lagi mujur, soalnya memang sudah lama nunggu ini. Kalau yang belum tahu Joost itu apa bisa lihat disini www.joost.com.


Pada dasarnya ini sperti IP TV, atau internet TV lebih tepatnya. Apa sich yang membedakan Joost dengan TV over DSL misalnya, kalau anda subcribe layanan Internet, Televisi, dan Telephony atau Triple play, anda mendapatkan beberapa saluran TV yang anda bisa nikmati dan transfer data lewat ADSL / Jaringan network. Anda bisa memilih channel sesuai dengan packet yang anda Pilih. Di Joost juga anda bisa mendapatkan service yang basic seperti ini, tapi ada perbedaan mendasar.

1. Tidak perlu berlangganan Triple play, cukup Internet broadband saja.
2. Tidak di batasi dengan channel, karena anda bisa lihat tayangan dari mana saja in the world.
3. Tidak perlu membayar iuran ( mungkin sementara sifatnya, semoga bakalan free terus deh)
4. Bisa nonton TV sambil Chatting dengan menggunakan ID di Gmail atau Jabber ( MSN, Yahoo)
5. dan banyak lagi belum sempet coba semuanya.

Untuk mendapat layanan seperti ini, anda harus mendapat undangan dari teman, spt untuk mendapatkan account gmail. Layanan ini berbasis P2P, karena di bikin oleh orang yang menciptakan Skype, jadi buat anda yang menggunakan proxy atau internet dari kantor siap-siap aja ngga bisa menikmati layanan ini, kecuali semua port di buka. Karena masih dalam beta test, kwalitas gambar masih belum HD, event belum SD TV, tapi sudah cukup bagus lah, apalagi layanan ini gratis.

Joost, saya fikir akan membuat cara baru menikmati Televisi, dan yang jelas kembali membangkitkan boom internet seperti sebelum tahun 2000. Kembali lagi ke kita teknologi ibarat pisau bermata dua, bisa membantu dan menghibur tapi bisa juga merusak, tergantung dari sisi mana anda menggunakannya. Dan yang paling di untungkan dengan layanan ini adalah service provider, karena permintaan akan bandwith makin besar, tapi juga dengan content provider, kalau saja kita bisa menciptkan local content yang bagus dan mendidik, bukan berarti kita tidak bisa mengambil keuntungan dari adanya teknologi ini.

No comments: